Jumat, 01 Januari 2010

10 MUHARRAM dan Santunan Anak Yatim Bersama LPDAI

Tegalwangi,28 Desember 2009

Sekarang kita berada di Bulan Muharram, yaitu bulan pertama dalam kalender Hijriah. Bulan ini termasuk salah satu dari empat bulan haram (suci), sebagai mana yang difirmankan oleh Allah:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُم.ٌ( التوبة: 36)
"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram". (At-Taubah: 36).
Semua ahli tafsir sepakat bahwa empat bulan yang tersebut dalam ayat di atas adalah Zulqa’dah, Zul-Hijjah, Muharam dan Rajab.
Ibnu Rajab al-Hambali ( 736 – 795 H ) mengatakan, Muharam disebut dengan syahrullah (bulan Allah) karena memiliki dua hikmah. Pertama, untuk menunjukkan keutamaan dan kemuliaan bulan Muharam. Kedua, untuk menunjukkan otoritas Allah SWT dalam mensucikankan bulan Muharam

Dalam hadits lain Nabi juga menjelaskan bahwa puasa pada hari ‘asyura (10 Muharram) bisa menghapuskan dosa-dosa setahun yang telah lewat.
عن أبي قتادة رضي الله عنه قال : سُئل النبي صلى الله عليه وسلم عن صيام يوم عاشوراء ، فقال : إني أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله . رواه مسلم
Dari Abu Qatadah RA, Rasululllah SAW ditanya tentang puasa hari ‘asyura, beliau bersabda: ”Saya berharap ia bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang telah lewat” (HR. Muslim).

Di dalam bulan muharram juga kita di sunnahkan untuk menyantuni anak yatim karena di dalam hadits Rosululloh Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيْمِ فِيْ الْجَنَّةِ هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَابَةِ وَالْوُسْطَى وَ فَرَجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا


“Aku dan orang-orang yang mengasuh/menyantuni anak yatim di Surga seperti ini”, Kemudian beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah seraya sedikit merenggangkannya. [HR. Bukhori].

Untuk itulah pada tanggal 28 Desember 2009 / 10 Muharram 1431H bertempat di Lembaga Pendidikan mambaul Hikmah ( LPDAI ) di adakan pengajian dan santunan anak yatim bersama IPNU-IPPNU Ranting Tegalwangi Kecamatan Talang.
Dalam Pengajian yang di hadiri pimpinan LPDAI KH.Sulthon Barmawi tersebut berlangsung meriah,sekitar ribuan warga Talang dan sekitarnya memadati gedung LPDAI untuk mendengarkan ceramah agama dari Al-Ustad Burhan Barmawi ,LC yang mengangkat tema " Muharram dan Semangat Hijrah " .
Dalam acara tersebut juga di adakan santunan anak yatim yang ada didaerah desa tegalwangi yang berjumlah 30 Anak yatim . Semoga amal baik para donatur Santunan mendapatkan pahala berlipat ganda dan termasuk orang2 yang telah dijanjikan oleh baginda Rasulullah SAW.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar